Viral Video Kuyang di Samarinda ini Bikin Heboh Warganet

Sebuah video viral memperlihatkan kehebohan warga karena melihat sesuatu yang tidak wajar.

Dalam video singkat yang beredar di dunia maya, terlihat sekerumpulan warga berteriak-teriak menyebutkan jika mereka melihat sosok hantu kuyang.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram milik @info_kukar dan @samarindaetam.

Saking hebohnya, sampai-sampai Kuyang muncul dalam daftar trending Twitter di Indonesia pada hari Jumat, 11 Oktober 2019.

Dalam video berdurasi 1 menit 49 detik itu terlihat sejumlah warga mengejar kuyang yang diduga sempat melintas dan tertangkap oleh CCTV.

Dikutip dari beberapa media mainstream, perlu diketahui jika cerita mistis mengenai hantu kuyang beredar di kalangan masyarakat dan tidak sedikit yang meyakini adanya sosok hantu tersebut.

Wujud Kuyang digambarkan sebagai sosok makhluk halus dengan kepala terbang berwujud manusia dengan isi organ yang masih menggantung di bawah kepala.

Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam demi mencapai kehidupan abadi.

Pada siang jari, kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, tapi biasanya dia akan mengenakan pakaian jubah.

Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmu.

Orang yang melihat kuyang terbang biasanya memandangnya seperti burung besar.

Dan untuk menghadapi kuyang, kita perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga dan dapur seperti panci dan wajan.

Benar saja, mitos masyarakat Kalimantan ini ternyata benar-benar baru menghantui warga SAmarinda.

Beberapa hari belakangan, warga Samarinda dibuat heboh dengan dugaan kemunculan hantu kuyang.

Hantu kuyang ini disebut-sebut meneror warga di kawasan Jalan Slamet Riyadi Gang 2, sekitar pukul 22.10 waktu setempat pada hari Minggu, 6 Oktober 2019.

Beberapa warga ramai berteriak ketakutan.

Lalu setelah mereka heboh, warga berbondong membawa senter untuk memperjelas penglihatan mereka.

Sayangnya, upaya warga tak seperti yang diharapkan.

Sosok yang diduga kuyang menghilang, hingga warga masih dibikin penasaran dengan sosok yang dimaksud tersebut.

Setelah itu rekaman tentang kehebohan warga kembali geger.

Hantu kuyang muncul kembali di tempat yang sama.

Tampak dalam rekaman CCTV yang sama itu terjadi dua hari setelah kejadian pertama pada hari Selasa 8 Oktober 2019.

Beberapa warga tampak kembali berkerumun di depan pohon yang diduga tempat bersembunyinya Kuyang tersebut.

Warga pun menangkap jelas sosok Kuyang yang menghantui mereka.

Warga pun tampak ketakutan sembari menyorotkan pandangan dan senter mereka ke arah yang diduga menjadi persembunyian kuyang.

Karena isu ini, warga setempat bahkan melakukan doa bersama terkait terror kuyang yang meresahkan.

Tidak bisa dipungkiri sesuatu hal mengenai dunia gaib selalu bikin heboh warga.

Ternyata beberapa kisah kuyang memang sempat viral di media sosial, khususnya di wilayah Kalimantan.

View this post on Instagram

Yang reques hantu kuyang .. Nich .. πŸ‘†πŸ‘† – Jika di Bali dikenal dengan Leak, maka di Kalimantan dikenal pula hantu sejenis dengan sebutan Kuyang atau Kawiyang. Hantu Kuyang adalah hantu yang suka mencari dan menghisap darah wanita yang sedang melahirkan seorang bayi. Kuyang merupakan jelmaan dari seorang wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mendapatkan kehidupan yang abadi. Pada gambaran wujudnya, Kuyang merupakan hantu kepala dengan isi tubuh terburai keluar tetapi masih menempel tanpa kulit, dan anggota badannya dapat terbang . Di siang hari, seorang Kuyang akan menjalani hidup seperti halnya orang normal lainnya, namun biasanya ia mengenakan pakaian berupa baju panjang dengan ciri-ciri selendang yang dililitkan dileher. Pada malam hari, Kuyang akan terbang mencari darah Bayi yang baru lahir guna menambah kekuatan ilmunya, biasanya yang menjadi sasaran adalah seorang ibu yang sedang melahirkan anaknya. Jika tidak mendapatkan wanita yang akan melahirkan, Kuyang biasanya berkeliaran di pemukiman penduduk untuk mencari β€œsisa” pembalut wanita yang dibuang sembarangan. Untuk itu, para wanita, terutama yang masih gadis untuk hati-hati ketika sedang halangan. Jika darah segar tidak ditemukan, mungkin saja Kuyang ini mendatangi orang-orang yang sedang tidur dengan menghisap darah dari pangkal paha atau lengan, sehingga ketika beberapa hari kemudian akan ada bekas kebiru-biruan dengan sedikit rasa gatal di tempat yang dihisap tersebut. Untuk menghindari hal itu, biasanya orang membawa bawang putih dan bawang merah tunggal yang disimpan dibawah kasur. Bahkan sebagian menambahkan bulu landak mendampingi bawah merah dan putih tadi. Karena konon katanya, Kuyang sangat takut dengan bawang dan bulu landak tersebut. – #mistisdunia #palasik #pelesit #kuyang #hantu #ghost #penampakan #leak #

A post shared by MEDIA MISTERI DUNIA (@mistisdunia) on

Seperti dikutip dari situs media online pada hari Rabu 19 Agustus 2016.

Sekitar pukul 20.30 waktu setempat, warga wilayah Sidodadi, Balikpapan digegerkan dengan kemunculan kuyang.

Saat itu mereka ramai-ramai melihat penampakan kuyang yang melintas.

Disebutkan pada awalnya warga melihat cahaya berwarna biru dan merah terbang dari pintu masuk RT 39 Baru Ulu menuju sebuah lapangan bola.

Cahaya tersebut lalu menghilang begitu saja tak jauh dari sebuah rumah yang tidak ada penghuninya di RT 27 Baru Ulu tersebut.

Pada saat kejadian, puluhan warga berlarian menuju lokasi yang berada di atas gunung.

Atas kejadian ini jalan utama di Sidodadi macet karena banyaknya warga yang berkumpul ingin menyaksikan hantu kuyang yang terbang menuju rumah kosong tersebut.