Viral Pohon Bentuk Ayam di Jogjakarta, Asli Atau Editan?

pohon mirip ayam
Photo: Sastrawacana.id

Beberapa hari belakangan ini media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah foto pohon yang berasal dari Jogjakarta, tepatnya di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Yogyakarta. Bagaimana tidak, foto tersebut sangat unik dan menggelitik, yakni ada foto pohon yang bentuknya menyerupai ayam jago.

Sontak, tanpa butuh waktu lama foto tersebut langsung viral dan seliweran di media sosial, terutama Twitter dan Instagram. Warganet pun langsung mengomentari, ada yang mengatakan bahwa foto ini asli, ada pula yang mengatakan jika foto ini adalah editan. Namun, tak sedikit pula netizen yang menanggapinya dengan candaan.

Lalu, bagaimana yang benar? Apakah foto tersebut asli atau hanya editan?

Karena viral dan menjadi buah bibir warganet di sosial media, tidak sedikit orang yang datang langsung ke lokasi untuk membuktikan kebenarannya. Dari situlah, banyak yang membuktikan jika foto tersebut adalah asli, bukan editan.

Ternyata pohon berbentuk ayam tersebut adalah asli, bukan editan. Ya, di Jalan Urip Sumoharjo, Yogyakarta, memang ada dua pohon yang jaraknya berdekatan hingga daun-daunnya menyatu antara kedua pohon tersebut. Alhasil, kombinasi daun yang lebat tersebut membentuk pola layaknya ayam jago yang sedang berdiri. Sedangkan kedua batang pohon membentuk pola layaknya kaki ayam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pohon di Jalan Urip Sumoharjo, Yogyakarta ini merupakan pohon tua yang sudah ada sejak 1970an. Setiap tahun, pohon-pohon di sekitaran Jalan Urip Sumoharjo selalu dipangkas agar daun dan ranting tidak mengganggu jalan serta area pertokoan.

Sama halnya seperti “pohon ayam” ini yang usai dipangkas pada awal 2020 lalu ketika musim hujan dan angin lebat. Namun, selang beberapa bulan berjalan, daun-daun dari kedua pohon tersebut kembali tumbuh dan membentuk pola layaknya ayam jago yang sedang menunjukkan jalinya.

Warga sekitar pun awalnya tak menyangka jika pohon tersebut berbentuk ayam jago. Sebab, jika dilihat dari arah yang berbeda, bentuknya tidak menyerupai apapun. Ketika mencoba melihat dari arah lain, barulah warga sadar jika kedua pohon tersebut memang benar-benar menyerupai ayam jago.

Sumber: Sastrawacana.id

Sharing is caring!

Leave a Reply