Tips Minum Kopi Untuk Ibu Hamil Yang Aman Dan Sehat

Photo by Foodie Factor from Pexels

Minum kopi? Rasanya hampir semua orang menyukai kopi, ya! Minuman yang satu ini sering kita temui dalam berbagai suasana di Indonesia. Mulai dari menemani pagi hari hingga menjadi penyemangat saat bekerja di kantor dan di rumah. Tidak heran jika kopi menjadi komoditi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia!

Namun jika kamu sedang hamil, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan, termasuk mengkonsumsi kopi. Apakah kopi berbahaya untuk ibu hamil?

Dampak kopi untuk ibu hamil

Pada penelitian The New Journal of Medicine, ternyata keguguran dapat terjadi akibat terlalu banyak minum kopi. Ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi bisa berpengaruh pada kesehatan janin.

Namun sebagai catatan, hal ini terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi lebih dari 8 cangkir setiap hari, ya! Kafein memiliki efek meningkatkan detak jantung, termasuk janin. Jika pada orang dewasa yang sehat saja memiliki dampak negatif, apalagi pada janin yang organnya masih belum sempurna.

Selain itu, kopi untuk ibu hamil berpengaruh pada asam lambung, anemia, atau kelahiran prematur dengan berat badan yang rendah.

1. Tips minum kopi untuk ibu hamil pertama: batasi konsumsi kopi harian kamu

Anjuran maksimal untuk kopi pada ibu hamil adalah 200 mg kafein setiap hari. Ini berarti setengah dari anjuran maksimal kafein pada orang dewasa yang sehat. Kira-kira sekitar 2 cangkir kopi instan per hari saja untuk ibu hamil.

Mungkin awalnya terasa sulit bagi kamu yang terbiasa minum lebih dari jumlah yang dianjurkan. namun kesehatan janinmu tentu menjadi prioritas utama, bukan?

2. Cari tahu kandungan kafein di luar kopi

Tips kedua adalah wajib mencari tahu kandungan kafein di luar kopi. Ya, ada banyak minuman selain kopi yang mengandung kafein. Salah satunya cokelat, teh, dan minuman soda. Inilah mengapa ketiga bahan termasuk kopi harus dibatasi konsumsinya pada ibu hamil.

Sebagai contoh, secangkir teh bisa mengandung 10 hingga 50 mg kafein. Sedangkan soda bisa mengandung 40 mg. Jika kamu ingin mengkonsumsi kopi, pastikan kamu juga menghindari konsumsi minuman lain, ya!

3. Tips minum kopi selanjutnya: cari pengganti kopi yang lebih sehat

Tentunya, jika kamu ingin menjaga kesehatan janin serta meningkatkan kualitas kebugaran, kamu bisa mengkonsumsi alternatif dari kopi yang lebih sehat.

Jus segar seperti jus buah memiliki kandungan gula alami yang jika dikonsumsi tidak menyebabkan sugar rush sehingga cocok sebagai energi kamu. Begitu pula dengan air kelapa atau infused water yang menciptakan rasa unik pada minuman kamu sehingga tidak membosankan.

4. Bagaimana dengan kopi tanpa kafein atau decaf?

Meskipun namanya ‘tanpa kafein’, tapi penelitian membuktikan bahwa kopi jenis ini masih mengandung kafein, lho!

Para dokter pun menyarankan untuk mencegah konsumsi terlalu berlebihan. Kandungan kafeinnya serupa dengan teh sehingga akan lebih baik bila dikonsumsi dengan bijak.

Itulah tips minum kopi untuk ibu hamil yang bisa kamu lakukan. Ingat, minum kopi bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan produktivitas. Kamu bisa berolahraga atau mengkonsumsi makanan bergizi untuk melancarkan peredaran darah dan membantu otak untuk bekerja lebih baik.

Photo by Foodie Factor from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply