Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga: Anti Bokek di Akhir Bulan!

Photo by August de Richelieu from Pexels

Artikel ViralNesia berikut akan membagikan tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dan tetap bisa memperhatikan pengeluaran. Apa saja yang bisa dilakukan supaya tidak bokek di akhir bulan?

1. Mengkalkulasikan seluruh pendapatan bulanan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai tips mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan mengkalkulasikan seluruh pendapatan bulanan. Hal ini termasuk gaji per bulan, upah lembur, atau penghasilan tambahan lain.

Mengkalkulasikan pendapatan bulanan akan memudahkanmu dalam merencanakan pengeluaran dana yang akan dialokasikan ke kebutuhan.

2. Mengalokasikan dana pengeluaran bulanan

Setelah mengetahui jumlah seluruh pendapatan, kini kamu perlu menyusun daftar dana prioritas, yang mana akan membantumu dalam mengalokasikan dana tersebut pada setiap kategori.

Catat seluruh tanggungan bulanan yang merupakan prioritas, seperti tagihan, cicilan, asuransi, biaya sekolah anak, dan dana untuk tabungan. Pastikan hal-hal seperti ini yang tergolong rutin menjadi skala prioritas utama pengalokasian danamu.

3. Menyiapkan dana cadangan

Dana cadangan juga perlu ada saat mengatur keuangan rumah tangga. Kamu bebas menentukan nominalnya, karena dana ini bersifat bebas namun tetap harus ada untuk keperluan darurat. Dalam kata lain, dana ini hanya digunakan dalam keadaan mendesak saja.

Meskipun begitu, tetaplah berkomitmen untuk tidak mengganggu gugat dana cadangan ini jika tidak ada keperluan mendesak hingga akhir bulan. Ketika sampai akhir bulan nyatanya tidak ada keperluan yang mendesak, dana ini bisa kamu investasikan atau tabung.

4. Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Setelah membuat daftar skala prioritas beserta pengalokasian dananya dan ternyata masih ada sisa, dana ini yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan pendukung dan kebutuhan mewah lainnya. Misalnya untuk belanja bulanan, atau membeli sepatu baru jika yang lama telah usang.

Tapi, selalu ingat untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, ya. Hindari membeli barang-barang yang hanya menyuapi rasa lapar matamu saja. Selain melenyapkan uangmu, nantinya rumahmu akan terasa penuh pula dengan barang-barang yang nyatanya tidak terpakai lama.

5. Pantau pengeluaran menggunakan aplikasi pengatur keuangan

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang terakhir adalah dengan cara melakukan pengecekan sebagai evaluasi. Gunakan aplikasi pengatur keuangan bila perlu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat segala pengeluaran yang kamu lakukan baik secara tunai maupun melalui rekening.

Nah, dari sini kamu bisa melihat tracking kemana saja uangmu pergi, karena kebanyakan aplikasi pengatur uang telah menyiapkan fitur berkategori agar pengguna dapat menuliskan pengeluarannya sesuai dengan kategori tersebut.

Photo by August de Richelieu from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply