Tips Menambah Berat Badan: 5 Langkah Dasar Menambah Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Meskipun memiliki berat badan yang ideal terkadang lebih menyehatkan, namun memiliki badan yang terlampau ringan dapat menjadi masalah yang serius apabila kekurangan gizi, apalagi jika sedang keadaan hamil. Kalau kamu ingin menaikkan berat badan namun takut dengan cara yang salah, berikut tips menambah berat badan dengan cara yang sehat dan teruji aman oleh medis.

1. Makan lebih sering dengan porsi yang sedikit

Jika kamu kekurangan berat badan, merasa kenyang lebih cepat adalah reaksi alami. Tips menambah berat badan pertama yaitu dengan mengakali jam dan porsi makan. Jika biasanya kamu makan 2 kali sehari dengan porsi normal, atur jam makan 5 kali sehari namun dengan porsi yang sedikit.

Ingat, makanan yang kamu konsumsi tetap harus tinggi akan nutrisi seperti oatmeal, roti gandum, pasta, buah dan sayur, biji dan kacang, atau daging yang mengandung protein tinggi. Sebaliknya, hindari lah makanan yang mengandung gula berlebih.

2. Perhatikan waktu minum di sela-sela makan

Minum sebelum makan biasanya dapat merangsang kenyang lebih cepat, begitu pula dengan kebanyakan minum di tengah-tengah makan. Sebagai tips menambah berat badan, kamu bisa minum 30 menit setelah menghabiskan santapanmu. Atau mengganti minuman dengan kalori yang lebih tinggi yang bisa kamu minum sebelum mengkonsumsi santapanmu.

3. Minum smoothies lebih sering

Meskipun sedang ingin menaikkan berat badan, jangan sering-sering minum minuman bersoda, kopi, atau minuman yang mengandung kalori rendah namun nutrisi yang tidak berimbang, ya! Sebaiknya, ganti minumanmu dengan smoothies yang terbuat dari susu dan buah-buahan segar maupun yang beku.

4. Jangan lupa olahraga

Tips menaikkan berat badan selanjutnya adalah dengan berlatih fisik yang berat sehingga dapat menumbuhkan otot yang kuat pula. Olahraga tidak hanya akan membantu membentuk otot, namun dapat merangsang nafsu makanmu juga, lho!

5. Makan cemilan lebih sering

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, makan lebih sering adalah tips menaikkan berat badan yang jitu. Tapi, tetap perhatikan keseimbangan nutrisi dan gizi makanan yang akan kamu santap agar proses menaikkan berat badan tetap berjalan dengan sehat dan tepat.

Sebelum tidur, makanlah snack seperti kacang-kacangan, roti yang dioles dengan selai kacang, dried fruits, atau sandwich yang berisi alpukat, sayur-sayuran, irisan daging, serta keju.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply