Tips Menabung anak SMA: 5 Cara Mudah Menyisihkan Uang untuk Pelajar

Photo by 周 康 from Pexels

Menabung mungkin menjadi tantangan bagi sebagian pelajar karena belum memiliki penghasilan tetap. Sumber dana dari orang tua menjadi satu-satunya pemasukan yang bisa dipegang. Sebagai remaja, penting untuk memulai belajar menabung sehingga tidak menimbulkan sifat boros di kemudian hari. Untuk itu, ViralNesia akan membagikan tips menabung anak SMA bagi yang memiliki kesulitan dalam menabung. Berikut tips-tips jitunya:

1. Tentukan tujuan untuk menabung

Menabung akan terasa menyenangkan kalau kamu punya tujuan untuk apa uang tersebut kamu tabung. Kamu pun akhirnya memiliki motivasi untuk terus menjalankan niatan menabung ini.

Misalnya, kamu ingin menabung untuk membeli sepatu edisi baru dari brand favoritmu, atau menabung untuk membeli tiket konser band kesukaanmu. Jika sudah tahu target dan tujuan menabung, hal ini akan memotivasi untuk menyisihkan uang secara konsisten.

2. Menyisihkan sebagian uang jajan di awal

Bagi pelajar, sebagian mungkin merasa sulit mendapatkan penghasilan sendiri karena masih memiliki kewajiban untuk sekolah. Namun, kamu tetap bisa menabung dengan cara menyisihkan sebagian uang jajan di awal kamu mendapatkannya.

Kalau kamu mendapatkan uang jajan per bulan, sisihkan beberapa persen untuk langsung kamu masukkan ke dalam celengan. Atau kalau kamu mendapatkan uang jajan per hari, kamu hanya boleh membawa separuh dari uang jajan itu ke sekolah dan memasukkan sisanya ke dalam celengan untuk ditabung.

3. Punya uang receh? Jangan dibuang-buang, tabung saja ke dalam celengan!

Tips menabung anak SMA selanjutnya adalah dengan mengumpulkan uang-uang receh yang kamu miliki. Tak jarang orang-orang sering meremehkan nilai recehan dan dianggap memenuhi dompet. Tapi, uang receh kan tetap duit juga! Kalau kamu mengumpulkannya sedikit demi sedikit, nilainya pasti akan tinggi dan dapat menambah jumlah tabunganmu.

4. Berbelanja dengan bijak

Ada kalanya kamu akan tergoda dengan barang lucu yang kamu lihat di mall atau barang diskon yang lewat di beranda Instagrammu. Sebelum mengeluarkan uang, pertimbangkan dahulu apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya menginginkannya untuk memuaskan hasrat sesaat. Belanjalah dengan bijak ya, guys!

5. Kurangi nongkrong berlebihan

Nongkrong sudah menjadi kebutuhan anak muda masa kini. Tak heran tempat nongkrong di seluruh penjuru kota makin menjamur untuk memenuhi kebutuhan lifestyle. Namun, nongkrong berlebihan justru akan membuatmu bokek lebih cepat, guys.

Sebagai tips menabung anak SMA, kurangi kebiasaan nongkrong berlebihan. Misalnya, dalam seminggu kamu menetapkan jadwal nongkrong hanya sekali dari yang biasanya nongkrong setiap dua hari sekali. Dengan begitu, uang yang dipakai untuk biaya nongkrong bisa kamu masukkan ke dalam celengan.

Photo by 周 康 from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply