Tips Jadi Content Creator: 5 Langkah Utama Memulai Karir dalam Dunia Konten

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Content creator memproduksi konten yang menghibur, mengedukasi, dan melayani minat yang dimiliki oleh audiens. Didukung dengan platform dan kemajuan teknologi yang memperkaya segala jenis konten, peluang menjadi content creator bisa dikatakan cukup menjanjikan. Lalu, apa tips jadi content creator agar sukses dalam melakukannya?

Di artikel kali ini, Viralnesia akan membagikan tips jadi content creator dan panduan utama untuk memulai karir dalam dunia konten.

1. Tentukan ingin bergelut di bidang apa dan menggunakan platform apa terlebih dahulu

Sebelum terjun secara mendalam di dalam dunia content creator, kamu harus menentukan ingin bergelut di bidang content creator apa: apakah food blogger? Travelling vlogger? Beauty influencer? Doodling artists?

Sesuaikan bidang yang akan kamu tekuni dengan passion dan kegemaranmu yang kamu miliki. Hal ini dilakukan agar pekerjaan menjadi content creator akan berjalan selaras dengan apa yang kamu sukai. Setelah menentukan ingin berkecimpung di bidang apa, jangan lupa untuk tentukan platform apa yang akan kamu gunakan untuk meletakkan semua kontenmu, misalnya Instagram, Youtube, Twitter, atau WordPress.

2. Pelajari target pasar yang dipilih

Salah satu tips jadi content creator yang tidak kalah penting adalah memperhatikan dan mempelajari kebutuhan audiens. Kalau kamu mampu mempelajari target pasarmu secara mendalam, kamu akan menemukan minat mereka dimana hal itu dapat membawa peluang kreatif untuk menciptakan konten.

Karakteristik berikut adalah beberapa karakteristik target pasar yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk self-branding menjadi content creator: Jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, gaji.

3. Tawarkan solusi pada audiens, bukan hanya konten semata

Ketika sudah memahami target pasar seperti apa yang kamu butuhkan sebagai audiens, kamu perlu menciptakan konten yang berupa penawaran solusi, bukan hanya konten yang memberi pengetahuan biasa. Ini adalah salah satu tips jadi content creator agar selalu diingat oleh para audiens.

Perlu diingat juga bahwa orang-orang yang melihat kontenmu tidak ingin melihatmu terus-terusan berbicara tentang hal-hal yang basi, namun mereka ingin mencari sesuatu untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

4. Buat konten secara rutin dan konsisten

Rutin melakukan posting konten baru adalah kunci untuk mengembangkan self-branding menjadi content creator. Respon audiens yang akan kamu dapatkan ketika memposting secara teratur dengan jarang memposting tentu akan berbeda. Selalu perbarui platform yang kamu miliki dengan konten-konten baru yang menarik dan sesuai dengan target pasarmu.

Konsistensi dalam memposting konten tidak hanya membangun kepercayaan audiens, namun kamu membuka peluang yang lebih lebar untuk mendapatkan sponsor atau kerjasama bisnis yang menghasilkan.

5. Tunjukkan keorisinilan dan keunikamu!

Ada jutaan postingan Instagram, blog, atau Youtube yang bertambah setiap harinya. Lalu, apa yang perlu kamu lakukan untuk memastikan orang-orang melihat dan membaca kontenmu? Jadilah unik dan tetap orisinil!

Pikirkan sesuatu yang dapat kamu adaptasikan sebagai style atau ciri khas tersendiri yang membedakanmu dengan content creator lain. Sebagai tips jadi content creator yang unik, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru, karena dari situlah kamu dapat menemukan “warna” yang bisa menarik audiens.

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply