Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya

Siapa yang tidak mengenal daun kelor? Ya, tanaman ini cukup banyak kita temui disekitar kita. Dibalik tanaman yang jarang dimanfaatkan oleh masyarakat ini, ternyata menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh kita loh. Ingin tahu apa yang terkandung pada daun kelor dan manfaat apa saja jika kita mengonsumsinya? Simak ulasan berikut ini.

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

Membantu mengatasi kanker 

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

Kaya akan antioksidan 

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Menurunkan kolesterol 

Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

Melindungi tubuh dari keracunan arsen 

Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

Baik untuk daya ingat

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

Baik untuk jantung 

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

Saat ini cukup banyak produk farmasi dan herbal yang sudah membuat ekstrak daun kelor untuk dijadikan obat obatan atau jamu herbal, tentu itu cukup rumit prosesnya, lalu bagaimana jika kita ingin mengolah sendiri dirumah? Berikut penjelasan nya.

Jika anda bermaksud untuk memasak daun kelor, sebaiknya dikonsumsi maksimal 4 jam setelah pemetikan, karena sifat daun kelor yang mudah mengalami fermentasi, terlihat dari daunnya yang mudah layu dan menguning, jika sudah begini pastinya kandungan nutrisi di dalamnya pun akan berkurang.

Berikut cara mengolah daun kelor menjadi sayur bening dengan mudah.

Bahan:

1 ikat daun kelor, petik daunnya

2 buah jagung manis (opsional)

1 liter air

Bumbu:

2 ruas kencur

4 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

3 lembar daun salam

Cara Membuat:

1. Ulek semua bahan bumbu (bisa juga dengan cukup diiris/digeprek).

2. Panaskan air sampai mendidih, masukkan bumbu dan jagung muda. Masak hingga jagung cukup empuk.

3. Masukkan daun kelor, tambahkan garam dan gula.

4. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

5. Siap disajikan.

 

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba

Sharing is caring!

Leave a Reply