Fakta di Balik Kematian Tragis Ular Piton Raksasa Akibat Kebakaran Hutan di Kalimantan

Ular piton mati terbakar | Kolase Instagram

Kebakaran yang terjadi di hutan Kalimantan telah menjadi isu internasioanal.

Asapnya yang merambah hingga ke Singapura dan Malaysia memicu keresahan.

Akibat kebakaran itu pun berpengaruh pada semakin buruknya kualitas udara yang dampaknya akan sampai ke kesehatan warga.

Bahkan dilansir dari liputan6.com, kebakaran hutan ini diduga sampai menyebabkan balita bernama Elsa Pitaloka, 4 bulan, meninggal dunia karena sesak nafas akibat menghirup kabut asap dari kebakaran tersebut.

Namun di balik peristiwa tersebut, sebuah kejadian tak terduga ditemukan.

Bukan hanya manusia yang ikut menjadi korban, tapi masyarakat juga dihebohkan dengan adanya penampakan ular piton raksasa dan penghuni hutan Kalimantan hangus terbakar.

Gambar ular terbakar tersebut sempat didokumentasikan oleh salah satu pengguna Facebook Johan Michael Median Pasha.

Unggahan foto tersebut lantas diunggah ulang oleh akun instagram @gardasatwafoundation dan langsung mengundang empati warga pada Minggu (15/09/2019).

Dari foto itu tampak ular piton berukuran besar tersebut hangus terpanggang dengan mulut menganga, sementara di belakangnya nampak lahan membara yang disebut di Pangkalan Bun.

Menurut keterangan di captionnya, ular yang terbakar itu disebut anacondanya Indonesia.

View this post on Instagram

Kebakaran Hutan di PROVINSI KALIMANTAN TENGAH DAN RIAU membuat kita sedih..sangat amat sedih sekali termasuk saya😭 Saya adalah sekian dari banyaknya orang yang sangat MENCINTAI DAN MENYAYANGI APAPUN ITU JENIS HEWAN.. Ini adalah salah satu jenis Ular atau bisa disebut ANACONDAnya INDONESIA atau masyarakat SUKU DAYAK PEDALAMAN HUTAN KALIMANTAN menyebutnya: Tangkalaluk / Phyton Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan nan Langka,dimasa lalu dimana dalam mencari mangsa : seperti babi hutan, rusa, harimau dahan dan hewan besar lainnya predator melata itu bisa menirukan suara rusa,orang utan atau suara burung dalam menarik mangsanya). kepalanya menjuntai di bawah sedangkan ekornya berkait di atas pohon besar untuk memakan mangsanya..Dan kini hangus musnah terbakar. Baru saya melihatnya dan saya bertahun2 sangat penasaran sama makhluk ini..Saya mengira ini makhluk astral atau tak kasat mata.walau sering diceritakan secara lisan dari suku dayak di pedalaman Hutan Kalimantan.Dan ternyata benar – benar masih ada dan terlihat😭 bentuk fisik legenda Ular jenis Phyton yang diceritakan raksasa ular Tangkalaluk ada kemiripan dengan Anaconda yang ada di Belantara HUTAN TROPIS Amazon (NEGARA BRAZIL) Dan sekarang kita menyaksikan semua bahwa Tangkalaluk MATI MENGENASKAN AKIBAT HUTAN KALIMANTAN DIBAKAR .. Source: FB Johan Michael Median Pasha

A post shared by Natha Satwa Nusantara (@nathasatwanusantara) on

Sementara Suku Dayak di pedalaman hutan Kalimantan menyebutnya Tangkaluk atau python raja ular rimba hutan Kalimantan.

“ini adalah salah satu jenis Ular atau bisa disebut ANACONDAnya INDONESIA atau masyarakat SUKU DAYAK PEDALAMAN HUTAN KALIMANTAN menyebutnya: Tangkalaluk/Phyton. Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan dahan dan hewan besar lainnya predator melata ini bisa menirukan suara rusa, orang utan atau suara burung dalam menarik mangsanya. Kepalanya menjuntai di bawah sedangkan ekornya berkait di atas pohon besar untuk memakan mangsanya. Dan kini hangus musnah terbakar,” tulis Johan.

“Baru saya melihatnya dan saya bertahun2 sangat penasaran sama makhluk ini. Syaa mengira ini makhluk astral atau tak kasat mata. Walau sering diceritakan secara lisan dari suku dayak di pedalaman Hutan Kalimantan dan ternyata benar-benar masih ada dan terlihat bentuk fisik legenda ular jenis Phyton yang diceritakan raksasa ular Tangkalaluk ada kemiripan dengan Anaconda yang ada di Belantara HUTAN TROPIS Amazon (NEGARA BRAZIL).”

Di masa lalu, ular piton raksasa itu memangsa hewan lain atau juga dsebut karnivora.

Hewan yang jadi mangsa ular piton raksasa itu di antaranya, babi hutan, rusa, dan harimau dahan.

Viralnya foto ini pun menyeret sejumlah artis turut mengomentari unggahan akun Instagram @gardasatwafoundation ini.

“Sedih sekali, nggak tega,” Tulis Sophia Latjuba.

“omg so so sad.” tulis Richard Kyle”

“L,” Tulis Irfan hakim yang ikut mengungkakan kesedihannya dengan emoticon.

Semoga kebakaran hutan semacam ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

Mari bersama-sama menjaga kelestarian hutan di negeri ini.

Bagaimana hutan adalah salah satu sumber kehidupan.

Sharing is caring!

Leave a Reply