Cara Mengatasi Sembelit Tanpa Rasa Sakit

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Sembelit? Aduh, sungguh menyiksa sekali pastinya. Meskipun terasa sederhana, tapi sembelit bisa merusak suasana dimanapun kamu berada. Rencana meeting bersama klien dan bos pun bisa terhambat karena gejala sembelit yang tiba-tiba muncul yaitu perut terasa sakit dan keras. Begitu juga saat berada di bioskop, tiba-tiba keinginan BAB tidak tertahankan dan di toilet pun rasanya sangat menyiksa!

Banyak cara mengatasi sembelit yang ditawarkan di internet, namun tentu tidak semuanya ampuh bahkan tidak jarang justru menambah rasa sakit. Kali ini, ViralNesia akan membantu merangkum cara mengatasi sembelit yang ilmiah dan tanpa rasa sakit! Seperti apa ya? Simak, yuk!

1. Cara mengatasi sembelit yang mudah, perbanyak air putih

Salah satu penyebab perut Anda sakit dan terasa keras adalah karena feses mulai mengeras dan sulit untuk keluar. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dan sering.

Usus besar memerlukan cairan untuk bisa mengolah feses agar bisa dilancarkan oleh tubuh. Air putih menjadi sumber cairan terbaik yang bisa kamu konsumsi dengan mudah dan murah agar BAB kamu menjadi lebih lancar.

2. Suka yoghurt? Biasakan untuk mengkonsumsi probiotik dan prebiotik, yuk!

Kabar gembira bagi kamu yang suka yoghurt! Yoghurt atau makanan fermentasi seperti kimchi mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk pencernaan kamu. Bakerti ini memainkan peranan penting dalam cara mengatasi sembelit kamu, lho.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi prebiotik. Bedanya, prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik dalam tubuh kamu. Contohnya adalah pisang dan bawang bombay.

3. Ternyata, jangan banyak minum susu, ya!

Meskipun demikian, kamu harus menghindari konsumsi susu terlalu sering. Karena bisa jadi, kamu mengalami intoleransi laktosa atau kesulitan mengolah protein susu. Kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai atau susu almond. Tidak kalah enaknya, kok!

4. Yuk makan makanan berserat!

Tips ini tidak kalah pentingnya. Serat bisa membantu kontraksi usus sehingga mempermudah proses BAB kamu. Selain itu serat juga bisa membuat feses lebih lunak sehingga tidak menyakitkan bagi perut kamu. Pilihlah serat larut seperti gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, dan ubi.

5. Cara mengatasi sembelit yang ajaib: bernyanyi dan tertawalah!

Mungkin terdengar aneh, ya? Tapi ketahuilah: sembelit ternyata bisa terjadi karena stres! Ya, usus dan organ pencernaan lain adalah ‘otak kedua’ kita. Organ-organ tersebut sangat rentan dengan stres sehingga sangat penting untuk menjaga kebahagiaan kita.

Bernyanyi, tertawa, dan segala jenis kegiatan yang membuat kita rileks bisa melancarkan proses pencernaan kita. Jadi ketika perutmu mulai sakit karena sembelit, cobalah untuk mencari humor dan tertawa!

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply