7 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Apakah kamu mengetahui seberapa besar resiko kamu terkena diabetes? Selain keturunan, diabetes juga dapat dipicu oleh tingginya kadar gula dalam darah. Normalnya, hormon insulin akan membantu memecah glukosa dalam darah sehingga menjadi energi dalam tubuh. Namun jika gula dalam darah terlampau tinggi dibanding insulin yang diproduksi dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah. Hal ini bisa berujung pada kompilkasi gangguan kesehatan yang lain.

Nah, rupanya cara menurunkan gula darah tanpa obat atau resep dokter sangat mudah untuk dipraktekkan. Ingat, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar bisa konsisten. Seperti apa saja ya?

1. Berolahraga rutin merupakan cara menurunkan gula darah yang mudah

Siapa bilang olahraga rutin itu sulit? Kamu bisa melakukannya di rumah tanpa harus pergi ke gym. Cukup 10-15 menit per hari kamu sudah bisa melakukan skipping, jogging, atau olahraga low impact yang mudah tapi membuatmu berkeringat. Belum bisa juga? Biasakan jalan kaki saat ke kantor atau ke sekolah.

Olahraga membantu peningkatan sensitivitas insulin sehingga sel dapat menerima energi glukosa lebih efektif dari darah. Selain itu olahraga membakar gula darah karena kontraksi otot.

2. Meningkatkan konsumsi serat

Serat bisa membantu mencerna karbohidrat dan glukosa secara perlahan, sehingga gula darah tidak langsung melonjak secara tiba-tiba. Konsumsi serat larut secara rutin bisa terbukti menurunkan gula darah, lho. Kamu bisa mencoba alpukat, brokoli, pir, kacang merah, wortel, apel, dan oat. Lezat dan sederhana, bukan?

3. Minum, minum, minum air putih

Selain melegakan dahaga, air putih bisa membantu ginjal membuang glukosa terlalu banyak melalui urin, lho. Mengkonsumsi air putih secara rutin terbukti menurunkan gula darah. Ini karena air bisa menghidrasi sel-sel termasuk darah.

4. Kamu tidak perlu skip makan, kok, tapi…

Cobalah mengurangi porsi makanan kamu agar lebih seimbang. Hal ini sudah terbukti dapat mengurangi resiko diabetes melitus 2 secara signifikan. Salah satu caranya adalah dengan membuat jurnal makanan apa saja yang sedang kamu konsumsi hari ini.

Ingat, bukan menghindari makan seluruhnya, ya! Ini artinya, makanan menyesuaikan dengan kehidupan kamu. Jika kamu bekerja keras di pagi dan beristirahat di malam hari, kamu bisa mengkonsumsi sarapan dengan karbohidrat dan protein. Sedangkan kamu cukup mengkonsumsi buah atau porsi makan yang lebih kecil di malam hari.

5. Cari tahu dan konsumsi makanan rendah indeks glikemik

Makanan rendah indeks glikemik artinya memiliki waktu yang lama untuk diserap darah menjadi glukosa. Hal ini mampu mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Nah, makanan jenis ini sangat direkomendasikan sebagai pengganti makanan sehari-hari pada umumnya dan merupakan cara menurunkan gula darah secara alami.

Kamu bisa mengganti nasi dengan oats atau nasi merah, snack dengan ubi ungu, dan gula dengan madu atau stevia. Bahkan, gula aren lebih sehat daripada gula putih, lho!

6. Kamu pasti suka ini: tidurlah dengan teratur

Bukan hanya dengan teratur, tapi pastikan tidurmu berkualitas, ya! Kekurangan tidur bisa memicu hormon stres yaitu kortisol yang berpengaruh pada kadar gula dalam darah. Selain itu kamu juga akan lebih mudah lapar dan akhirnya berdampak pada penambahan gula darah.

7. Mencoba cuka apel dengan resep yang lezat

Jangan tertipu dengan baunya yang cukup tajam! Cuka apel rupanya bisa diolah menjadi berbagai resep untuk konsumsi yang lebih lezat. Cuka apel terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah melalui penggunaan darah yang efektif pada sel tubuh.

Kamu bisa mencampurkan ½ hingga 1 sendok makan cuka apel ke dalam air hangat dengan madu atau pemanis rendah glikemik lainnya. Minumlah di pagi hari atau malam hari saat perut kosong.

Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply