5 Tips Menjaga Stamina Tubuh: Rahasia Tubuh yang Sehat dan Bugar

Photo by Pixabay from Pexels

Imunitas tubuh perlu dijaga agar tubuh dapat bekerja dengan semestinya dan terhindari dari berbagai penyakit. Beberapa upaya dapat dilakukan, diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut tips menjaga stamina tubuh yang bisa kamu terapkan sebagai lifestyle hidup sehat agar sistem imun tetap terjaga.

1. Konsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi, mineral, vitamin, serta kaya akan antioksidan menjadi hal yang penting diperhatikan untuk menjaga stamina tubuh. Semua kebaikan alami itu bisa kamu temukan di dalam sayur dan buah.

Penelitian menyatakan bahwa orang yang lebih sering mengkonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah sakit, karena tubuhnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi sehingga melindungi diri dari berbagai virus penyakit.

2. Tips menjaga stamina tubuh dengan rutin berolahraga

Sebagai tips menjaga stamina tubuh yang kedua, kamu dianjurkan untuk berolahraga paling tidak selama 30 menit dalam sehari. Selain dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal, rutin berolahraga dapat meningkatkan kinerja organ di dalam tubuh untuk bekerja lebih baik sehingga imunitas tubuh pun bertambah.

3. Istirahat yang cukup

Tahukah kamu bahwa kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh dan membuatnya tidak dapat bekerja dengan baik?

Itu sebabnya sangat penting untuk mendapatkan jatah tidur yang cukup. Orang dewasa disarankan untuk tidur tujuh hingga delapan jam sehari. Jika ingin menjaga stamina tubuh, jangan keseringan begadang, ya!

4. Kelola kesehatan mental dengan baik

Suasana hati juga dapat mempengaruhi stamina tubuh, lho. Ketika pikiranmu kalut dan diselimuti dengan rasa stres, maka hormon kortisol akan lebih banyak diproduksi oleh tubuh tubuh. Jika hormon ini menumpuk, maka fungsi kekebalan tubuh akan menurun sehingga kamu lebih rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu, jangan sepelekan perkara kesehatan mental, ya! Saat stres mulai melanda, lakukan hal-hal yang bisa membuat pikiranmu lebih rileks, seperti mengalihkan perhatian dengan berjalan-jalan, melakukan hobi, atau dengan bermeditasi.

5. Menghindari rokok dan alkohol

Tips menjaga stamina tubuh yang terakhir adalah dengan menghindari rokok dan konsumsi alkohol. Keduanya memiliki zat adiktif yang membuat kecanduan, sehingga jika kamu tidak mengkonsumsinya perasaanmu bisa jadi uring-uringan.

Namun, mengkonsumsi rokok dan alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan infeksi paru-paru. Tentu saja hal ini menurunkan stamina tubuh. Karenanya, kurangi merokok dan mengkonsumsi alkohol untuk menjaga sistem imun tubuh.

Photo by Pixabay from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply