5 Tips Menjaga Kesehatan Anak: Mulai dari Edukasi Hingga Bermain Bersama

Photo by Trinity Kubassek from Pexels

Sebagai orang tua, kamu berperan sangat penting dan memiliki tanggung jawab penuh untuk menjaga kesehatan anak. Turunnya sistem imun anak sering kali membuat hati orang tua turut sedih. Untuk itu, jaga kesehatan anak dengan mengikuti tips kesehatan anak berikut!

1. Jelaskan mengapa menjaga kesehatan itu penting

Alih-alih menyuruh anak-anak untuk makan makanan sehat tanpa penjelasan, jelaskan mengapa dia harus menjaga kesehatannya sedari kecil.

Penjelasan mengenai menjaga sistem imun akan membuat seseorang terhindar dari berbagai penyakit tentu akan membuatnya tertarik dalam menjaga kesehatan. Begitu pula jika kamu menjelaskan makanan dan minuman apa saja yang akan perlu dikonsumsi untuk membantunya menjadi lebih kuat, tinggi, atau lebih bersinar.

2. Tawarkan cemilan yang sehat

Daripada memberikan cemilan yang mengandung garam atau gula berlebih kepada anak, tips kesehatan anak berikutnya adalah dengan memberikannya cemilan sehat dari buah dan sayur.

Seorang ahli dari Cleveland Clinic Wellness Institute mengatakan bahwa memberikan anak-anak cemilan sehat dari sayur dan buah dapat membatasi keinginan mereka untuk mengkonsumsi gula.

3. Berikan probiotik untuk asupan sehari-hari

Probiotik adalah sebuah bakteri baik yang bagus untuk kesehatan, apalagi sistem pencernaan karena membantu menjaga usus tetap sehat.

Ada sebuah penelitian baru yang menunjukkan bahwa probiotik juga memiliki keterkaitan dengan ketahanan imun. Sehingga mengkonsumsinya tidak hanya dapat menyehatkan sistem pencernaan, namun juga dapat menjaga sistem imun. Berikan vitamin probiotik atau makanan yang mengandung probiotik kepada anak untuk menjaga mereka.

4. Biarkan mereka mengekspresikan perasaannya

Menurut American Academy of Family Physicians, kesehatan emosional yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan kerentanan terhadap pilek dan penyakit lainnya. Bantu tingkatkan kesehatan anak dengan mengenali dan menghormati perasaannya.

Tips kesehatan anak ini bisa kamu mulai dengan memberi mereka ruang untuk merasakan emosi, namun tetaplah terhubung dan memberinya semangat.

5. Ajak beraktivitas di luar ruangan

Menghirup udara segar dapat membawa dampak pada peningkatan suasana hati, lho. Untuk itu, ajaklah si kecil untuk beraktivitas di luar ruangan. Hal-hal seperti bermain di taman belakang atau berkebun mungkin akan terasa menyenangkan apabila dilakukan seminggu sekali di akhir pekan.

Selain membuat anak lebih aktif, kamu juga bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak.

Photo by Trinity Kubassek from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply