5 Tips Menabung untuk Menikah dengan Cara yang Realistis

Photo by Irina Iriser from Pexels

Tips Menabung untuk Menikah — Memiliki resepsi pernikahan yang sesuai impian adalah mimpi dari banyak orang. Namun untuk mencapainya, tidak menutup kemungkinan kamu juga memerlukan dana yang cukup besar. Itulah mengapa selain mengantongi restu dari orang tua, kamu juga perlu tabungan agar dapat mewujudkan pernikahan impianmu.

Untuk memulai menabung untuk modal nikah, sebenarnya bisa kamu lakukan dengan mengikuti 5 tips menabung untuk menikah berikut yang cukup sederhana. Meskipun sederhana, namun jika kamu jalani dengan disiplin dan niat yang kuat, targetmu pasti bisa kesampaian!

1. Merancang anggaran pernikahan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin memulai menabung untuk modal nikah adalah dengan brainstorming anggaran pernikahan secara detail. Catat kebutuhan apa saja yang akan menunjang pernikahan impianmu, kemudian pilih yang mana saja yang benar-benar penting agar dapat memangkas pengeluaran.

Kebutuhan seperti sewa gedung, catering, baju pengantin, dokumentasi, transportasi, dan dana tiba-tiba perlu kamu susun dan anggarkan dana secara rinci. Setelah sudah kalkulasi semuanya, tentukan juga durasi menabung. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui berapa lama kamu harus menabung untuk mencapai target anggaran dana yang direncanakan.

2. Sisihkan pendapatan ke rekening khusus tabungan menikah

Tips menabung untuk menikah selanjutnya adalah dengan memiliki rekening khusus untuk tabungan menikah. Ini perlu kamu lakukan agar tabungan untuk modal nikah ini tidak akan terusik oleh keperluan lain dan agar tabungan tetap aman.

Saat menerima pendapatan dari gaji di awal bulan, langsung sisihkan beberapa persen untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Tentunya berdasarkan kalkulasi yang sudah kamu tentukan, ya!

3. Membagi tanggung jawab secara adil

Menyelenggarakan pernikahan memang keputusan bersama yang mana menjadi tanggung jawab bersama juga. Namun, akan lebih bijak jika kamu bisa membagi tanggung jawab dengan pasangan akan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi.

Komunikasikan hal ini secara baik-baik dengan pasangan, pastikan untuk membagi tanggung jawab secara adil agar tidak ada pihak yang merasa terlalu terbebani.

4. Persiapkan mental untuk berhemat dalam pacaran

Menabung terdengar mudah, bahkan hal ini sudah sejak kecil diajarkan oleh orang tua kita. Namun seiring bertambahnya usia, kebutuhan makin bertambah dan banyak yang harus terpenuhi. Itulah yang seringkali menjadi penghambat untuk menabung.

Sebagai tips menabung untuk menikah, kamu dan pasangan perlu menyiapkan mental untuk berhemat. Tapi ingat, hemat ya, bukan pelit. Ketika ada keinginan semata yang datang untuk menghamburkan uang, ingat kembali tujuan awal mengapa kamu perlu menabung dan harus mengumpulkan dana besar-besaran.

Kamu bisa memangkas pengeluaran dengan membawa bekal dan minum sendiri dari rumah. Atau sebisa mungkin memotong anggaran untuk kebutuhan transportasi sehari-hari.

5. Mencicil pembayaran kebutuhan sedikit demi sedikit

Last but not least, tips menabung untuk menikah yang terakhir adalah dengan membayar kebutuhan pernikahan dengan cara dicicil sedikit demi sedikit. Sambil menabung, alokasikan beberapa persen dari tabunganmu untuk membayar cicilan dari anggaran pernikahan yang sudah kamu buat.

Sebagai contoh, bulan ini kamu ingin hunting baju pengantin. Bulan depan bisa digunakan untuk memesan catering, dan lain sebagainya.

Photo by Irina Iriser from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply