5 Tips jadi Freelancer yang Jitu: Langkah Awal Memulai Karir Secara Mandiri

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Menjadi pekerja lepas atau bahasa kerennya disebut dengan freelancer bisa menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baik kamu sedang berkecimpung di dunia freelance ataupun yang baru ingin memulai bergelut di dalam dunia pekerja lepas ini, berikut tips jadi freelancer yang bisa kamu jadikan acuan saat ingin memulai bekerja secara lepas.

1. Perhitungkan tarifmu

Bekerja sebagai freelancer berarti kamu perlu mengatur segalanya sendiri, termasuk menentukan tarif atas pekerjaan yang kamu kerjakan. Tips untuk menentukan tarif adalah sebagai berikut:

(Gaji tahunan + biaya tahunan + laba tahunan) / jam kerja tahunan yang dapat ditagih = Tarif dasar per jam

2. Bikin kontrak sendiri

Tips jadi freelancer adalah dengan memiliki kontrak sendiri. Kontrak dapat membantumu dalam memantapkan beberapa hal, seperti tingkat negosiasi dengan klien, parameter dan ruang lingkup proyek, revisi, deadline, tenggat waktu, pembatalan proyek, dan penggantian biaya.

Tidak hanya itu, kontrak juga membantu melindungi dari potensi masalah hukum, ketidaksepakatan, dan memastikan kamu dibayar untuk pekerjaan yang sudah kamu kerjakan.

3. Pastikan untuk dapatkan deposit di muka

Berbicara tentang pendapatan merupakan topik yang mengandung suka duka sendiri bagi para pekerja lepas. Sebelum kamu menyelesaikan suatu proyek, pastikan kerja kerasmu akan terbayar dengan cara memastikan dapat deposit di muka.

Kamu bisa tawarkan berbagai opsi kepada klien mengenai pembayaran ini. Misalnya, kamu menerima ⅓ di muka, ⅓ setengah jalan dalam proyek, dan ⅓ final setelah selesai.

4. Memiliki jadwal yang teratur

Meskipun bekerja secara mandiri dan lepas, kamu juga tetap harus memiliki komitmen dengan diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai mengulur-ngulur waktu dari tenggat waktu yang dijanjikan dengan klien, karena ini akan mempengaruhi kepercayaan klien kepada kamu.

Atur jam kerja dan berkomitmen dengan jadwal tersebut. Kamu juga perlu memperhatikan work-life balance dimana kamu menyeimbangkan kehidupan duniawi dengan tanggung jawab saat kerja.

5. Manfaatkan teknologi dan peralatan lain untuk menunjang karirmu

Last but not least, tips jadi freelancer sukses di artikel kali ini adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi beserta tools lain yang tersedia di dalam gadget maupun yang bisa kamu dapatkan di internet. Ini dilakukan untuk menunjang dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply