5 Tips Dekorasi Kamar Kecil: Sulap Ruangan Kecil Menjadi Kamar yang Nyaman

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Mendekorasi kamar dengan ukuran yang kecil memang memiliki tantangan tersendiri. Sebab, sering kali perabotan yang dijual di pasaran datang dalam ukuran yang besar. Tapi, kamu tetap bisa melakukan eksplorasi dalam mendekor kamar yang berukuran kecil, lho. Tips dekorasi kamar kecil berikut akan membantu menuntunmu untuk melakukan make over pada kamar yang berukuran kecil.

1. Memilih warna cat dinding yang cerah

Kamu bisa memulai mendekorasi kamar dengan memilih warna cat untuk dinding. Sebagai tips dekorasi kamar kecil, warna-warna yang cerah dapat memberi ilusi kamar yang luas dan tidak terkesan sumpek. Warna-warna yang cerah yang dimaksud seperti putih, biru muda, merah muda, dan juga kuning.

2. Memanfaatkan perabotan yang multifungsi

Gunakan perabotan kamar yang memiliki fungsi lebih dari satu, ini menjadi tips dekorasi kamar kecil agar tetap terlihat rapi. Beberapa perabotan yang multifungsi misalnya tempat tidur yang memiliki rak penyimpanan barang di bawahnya, atau tempat tidur yang bisa dilipat ke dinding.

Ide dekorasi ini akan membuat kamar tidurmu yang kecil terlihat lebih luas ketika sedang tidak dipakai untuk tidur. Kamu juga bisa DIY tempat tidur lipat ini, lho!

3. Pasang floating shelves untuk mempercantik dekorasi kamar

Untuk menambah hiasan dekoratif pada kamar, kamu perlu memikirkan sesuatu yang tidak memakan tempat banyak seperti floating shelves atau rak melayang. Rak ini bisa kamu tempel di dinding sebagai tempat untuk menaruh buku-buku, jam, atau tanaman indoor untuk mempercantik kamar.

Tips dekorasi kamar kecil ini tidak memakan banyak tempat namun memberi kesan yang compliment pada kamar.

4. Memasang cermin agar tampilan kamar terlihat lebih luas

Penggunaan cermin besar dapat membuat ilusi ruangan yang luas. Kamu bisa memasang cermin yang besar di salah satu sisi dinding di kamar yang berukuran tidak besar.

Model dan ukuran cermin di pasaran pun kini sudah beragam, bahkan kamu bisa memesan dengan desain sendiri. Jadi, cermin yang kamu punya di kamar bisa disesuaikan dengan tampilan dekorasi kamar keseluruhan.

5. Tentukan satu tema warna untuk mendominasi dekorasi kamar

Agar tidak menciptakan kesan yang sumpek atau “terlalu penuh” pada kamar yang berukuran kecil, memilih satu tema warna yang dominan akan membantu membuat ilusi yang compact pada kamar. Keseluruhan dekorasi pun akan terlihat lebih menyatu karena memiliki tone warna yang serupa.

Misalnya, kamu memilih dinding kamar berwarna putih dengan sprei abu-abu dan floating shelves berwarna hitam. Atau bisa juga menyelaraskan warna tempat tidur dengan lemari yang sama-sama berbahan kayu yang berwarna coklat muda. Tips dekorasi kamar kecil yang menggunakan teknik monochromatic ini akan membuat tampilan kamarmu lebih selaras dan terkesan rapi meski berukuran kecil.

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply