5 Bahan Utama Menu Sayuran Sehat Untuk Keluarga: Anti Bosan!

Photo by Magda Ehlers from Pexels

Menyiapkan menu untuk keluarga itu gampang-gampang-susah, setuju nggak? Mulai dari selera berbeda hingga bahan yang harus menyesuaikan dengan alokasi dana. Apalagi jika menunya tidak bergizi seimbang, bisa-bisa justru jatuh sakit! Pastikan kamu dan keluarga selalu memiliki menu sayuran sehat untuk dikonsumsi, ya!

Nah kali ini kami akan menyediakan 5 bahan utama menu sayuran sehat untuk keluarga yang dijamin tidak bikin bosan! Cukup dengan 5 bahan utama ini, kamu bebas untuk memodifikasi menunya tanpa takut jadi kurang gizi. Yuk!

1. Kale, rajanya sayuran yang bisa diolah jadi apapun

Siapa sangka jika sayuran berdaun gelap ini memiliki tingkat kalsium lebih banyak daripada susu sapi? Selain itu kale juga mengandung vitamin A, C, K, dan potassium yang sangat bagus untuk kesehatan dan mencegah kanker.

Bahkan, kale memiliki kemampuan untuk mencegah katarak dan gangguan syaraf mata, lho! Hal ini dikarenakan daunnya yang gelap mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang mampu mengusir radikal bebas dari mata.

2. Brokoli, penyuplai protein yang bisa membuatmu kenyang

Meskipun brokoli adalah sayuran, namun brokoli memiliki kandungan protein yang jauh lebih besar daripada sayuran lain.

Belum lagi dengan tingkat serat tinggi untuk mencegah gangguan pencernaan dan berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin K, folat, potassium, dan masih banyak lagi. Satu jenis sayuran, berjuta manfaatnya! Bisa dibayangkan jika kamu memasukkan brokoli ke menu sayuran sehat, kan?

3. Tomat, si cantik nikmat yang bisa melawan kanker

Mungkin masih banyak yang menyepelekan sayuran yang umum ini. Atau bahkan kamu enggan mengkonsumsi karena rasanya yang aneh? Setelah membaca ini, kamu akan berpikir ulang.

Tomat adalah sayuran yang mudah diolah menjadi menu sayuran sehat apapun, bahkan sekadar garnish. Namun antioksidan dan vitamin C yang dikandungnya tergolong yang paling tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin sebagai metode pencegahan kanker. Lycopene yang dikandungnya terbukti mampu melawan kanker prostat.

4. Ubi, pilihan snack yang lebih sehat!

Jika kamu ingin ngemil, pilihlah yang memiliki nutrisi, seperti ubi rebus. Ya, ubi atau sweet potato ternyata memiliki khasiat nutrisi yang dahsyat.

Warna ungu atau oranye dari ubi memiliki antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Apalagi di zaman millenials yang dipenuhi asap kendaraan maupun fast food. Ubi juga menjadi sumber serat yang bagus. Terbukti serat yang dikonsumsi dari ubi mampu memelihara bakteri baik di usus sehingga mempengaruhi kesehatan pencernaan kamu. Yummy!

5. Sayuran fermentasi seperti kimchi bisa menjadi menu sayuran sehat juga, lho!

Belakangan ini muncul tren konsumsi fermentasi seperti kombucha, yoghurt, dan kimchi. Tidak salah, karena bahan fermentasi bisa menjadi makanan yang bagus untuk bakteri baik di perut. Pencernaan yang sehat menjadi kunci kesehatan yang sehat.

Sayuran fermentasi yang bisa kamu konsumsi adalah acar atau kimchi. Keduanya sangat mudah untuk ditemui tanpa harus membuat sendiri. Bahkan, kimchi bisa membuat menu sayuran sehat kamu serasa Korea, lho! Daebak!

Photo by Magda Ehlers from Pexels

Sharing is caring!

Leave a Reply